• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 21.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 0823-1625-7039
  • SMS/WA: 082316257039
  • saptamedika.alkes@gmail.com
Terpopuler:

Awas kadar Kolesterol

15 Mei 2019 - Kategori Blog

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Kolesterol terdapat 2 jenis yaitu:

  • Low density lipoprotein (LDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat. Penumpukan HDL yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) tersumbat. Hal ini kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.
  • High density lipoprotein (HDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. HDL membawa kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke hati. Kemudian oleh hati, zat ini akan dipecah dan dihilangkan dari tubuh. Jumlah HDL yang lebih tinggi daripada LDL dalam tubuh merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah Anda dari penyakit kronis.

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yaitu :

  • Aterosklerosis

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, di mana penumpukan plak terjadi di dinding pembuluh darah arteri. Hal ini bisa menyumbat aliran darah sebagian atau seluruhnya dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

  • Meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung

Penyempitan pembuluh nadi dapat mempersulit aliran darah memasuki jantung yang berakibat pada timbulnya serangan jantung. Contoh lain adalah ketika pembuluh darah otak tersumbat, maka bisa mengakibatkan stroke, darah tinggi, dan serangan jantung.

  • Mengganggu sistem pencernaan

Tingginya tingkat kolesterol menciptakan ketidakseimbangan di empedu yang mengakibatkan penyakit batu empedu. Sebanyak 80 persen kasus batu empedu disebabkan oleh endapan kolesterol.

Bagi penderita kolesterol atau tingkat LDL nya tinggi, tentunya harus mulai menjaga pola makan agar kolesterol yang dimiliki tidak bertambah tinggi. Berikut cara alami untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh :

1. Ubah kebiasaan makan Anda

Obat kolesterol alami yang paling ampuh adalah dengan memerhatikan makanan yang Anda makan. Anda perlu mengontrol asupan makanan yang Anda makan agar kadar HDL dan LDL tetap terjaga.

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans tinggi. Contoh makanan yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya adalah jeroan, daging berlemak, mentega, krim, makanan yang digoreng, susu tinggi lemak, dan lainnya.

2. Menurunkan berat badan

Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki LDL yang lebih tinggi dibandingkan HDL. Hal ini karena biasanya orang gemuk sering makan berlebihan dan jarang melakukan olahraga.  Jadi lakukan penurunan berat badan dengan cara sehat, sehingga tidak hanya berat air yang berkurang tapi juga berat lemak. Anda cukup menargetkan penurunan berat badan Anda sebesar 0,5-1 kg per minggu.

3. Lakukan olahraga teratur

Agar Anda dapat menurunkan berat badan, Anda harus melakukan olahraga secara teratur. Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Misalnya olahraga jogging, senam, renang, dll

Setidaknya melakukan olahraga sekitar 30 menit per hari agar tubuh kita senantiasa sehat.

4. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan HDL dalam tubuh, sehingga kadar LDL bisa terus meningkat. Selain itu, merokok juga dapat melukai dinding pembuluh darah Anda. Berhenti merokok juga bisa jadi obat kolesterol alami yang dapat membantu mengendalikan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika Anda ingin terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi.

5. Hindari stres

Saat stres, ternyata kadar LDL bisa meningkat. Jika ingin kadar kolesterol menurun hindari stres dan banyak memikirkan hal yang tidak penting. Temukan aktivitas yang menyenangkan yang bisa membuat diri Anda tenang dan bahagia, sehingga terhindar dari stres. Selain itu, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan tidur karena kurang tidur bisa membuat tubuh lelah dan stres.

6. Perbanyak makanan yang mengandung serat

Makanan serat berasal dari buah dan sayur yang dapat mengurangi lemak jahat di dalam tubuh. Misalnya pepaya, kedelai, brokoli, bayam, wortel, apukat, apel dll.

, , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp